Saturday, September 8, 2012

Husnuzan terhadap Sesama Manusia

Husnuzan atau berbaik sangka terhadap sesama manusia, merupakan sikap mental terpuji, yang harus diwujudkan melalui sikap lahir, ucapan dan perbuatan yang baik, diridai Allah SWT, dan bermanfaat.
Sikap, ucapan, dan perbuatan baik, sebagai perwujudan dari husnuzan itu hendaknya diterapkan dalam kehidupan berkeluarga, bertetangga serta bermasyarakat

Kehidupan Berkeluarga
Tujuan hidup berkeluarga yang islami adalah terbentuknya keluarga yang memperoleh rida dan rahmat Allah SWT,bahagia serta sejahtera baik di dunia maupun di akhirat.
Agar tujuan luhur tersebut dapat tercapai, diperlukan adanya prasangka baik antar anggota keluarga.

Kehidupan Bertetangga
Tetangga ialah orang-orang yang tempat tinggalnya berdekatan dengan tempat tinggal kita. Antara tetangga satu dengan yang lainnya hendaknya saling berprasangka baik dan jangan saling mencurigai.
Berikut antara lain contoh berperilaku husnuzan terhadap tetangga:
Saling Menghormati
Antara tetangga yang satu dengan yang lainnya hendaknya saling menghormati dan menghargai.

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ
فَلْيُحْسِنْ إِلَى جَارِهِ
“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia berbuat baik kepada tetangganya.” (HR. Muslim no. 47)

BERBUAT BAIK KEPADA TETANGGA

Berbuat baik kepada tetangga adalah dengan cara melakukan perbuatan-perbuatan baik dan bermanfaat kepada tetangga dan tidak merugikan/menyakiti tetangga.

لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ لاَ يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَائِقَهُ
“Tidak masuk surga orang yang tetangganya tidak merasa aman dari gangguannya.” (HR. Muslim no. 46)
KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA

Tujuan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ialah terwujudnya kehidupan yang aman, tenteram, adil, dan makmur, di bawah ampunan dari rida Allah.
Agar tujuan luhur tersebut dapat terwujud, salah satu usaha yang harus ditempuh yaitu saling berprasangka baik kepada sesama anggota masyarakat atau sesama warga negara.
Berikut antara lain sikap dan perilaku terpuji yang harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara :
PERILAKU TERPUJI ANTAR GOLONGAN MUDA DAN GOLONGAN TUA
Generasi tua menyayangi generasi muda, antara lain dengan membimbing kualitas kehidupan generasi muda menjadi lebih baik. sedangkan generasi muda manghormati generasi tua dengan sikap dan perbuatan yang baik.
“Bukan dari golongan kami (umat Islam) orang yang tidak menyayangi yang muda dan tidak menghormati yang tua.” (H.R. Ahmad, Turmuzi, dan Hakim)
PERILAKU TERPUJI ANTAR ANGGOTA MASYARAKAT ATAU SESAMA WARGA NEGARA

Sesama anggota masyarakat atau sesama warga negara hendaknya saling menolong dalam kebaikan serta ketakwaan dan jangan saling menolong dalam dosa serta pelanggaran.
Tolong-menolong dalam kebajikan sesama anggota masyarakat atau sesama warga negara itu, antara lain:
-Pemerintah dan rakyat dari kelompok kaya berusaha bekerja sama untuk menghilangkan kemiskinan melalui zakat, bersedekah, dan infak.
-Pemerintah dan masyarakat bekerja sama dalam memberantas kejahatan dan kemungkaran yang muncul di masyarakat dengan hukum yang berlaku.



No comments:

Post a Comment